Warga Desa Adat Sei Bamban Aktif Menggerakkan Pembibitan Pohon

Masyarakat adat yg bermukim di wilayah desa Sei Bamban, Kedatukan Besitang, Kabupaten Langkat akhir-akhir ini giat melakukan pembibitan pohon yang akan ditanam di kawasan hutan adat Sekundur. Kegiatan pembibitan ini dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan bibit yang akan ditanam di kawasan hutan yang telah rusak.

Radim, kepala kampung Sei Bamban menjelaskan bahwa seluruh warga yang bermukin di wilayahnya,  diwajibkan melakukan pembibitan tanaman hutan yang merupakan tanaman asli daerah tersebut, khususnya tanaman hutan yang menghasilkan buah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jenis tanaman hutan yang dibibitkan oleh warga antara lain, durian, kemiri, jengkol, petai, asam gelugur, pinang, aren, nangka dan tanaman keras lainnya.

Menurut Radim, di saat musim hujan ini, kegiatan pembibitan warga biasanya mengalami peningkatan. Bibit-bibit tersebut, di samping akan ditanam di lahan kelola masyarakat, juga untuk ditanam di lokasi lain yg merupakan wilayah hutan adat Sekundur.

Lokasi tersebut diantaranya, kawasan daerah aliran sungai, batas hutan kelola masyarakat dan kawasan hutan kelola Kedatukan Besitang. Hal ini sejalan dengan amaran Kedatukan Besitang yang mewajibkan masyarakat untuk melestarikan hutan adat Sekundur sebagaimana termaktub dalam perjanjian datok Abdul Chalik dengan pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1936, yakni menjadikan hutan sekundur sebagai wilayah yang harus dilindungibdan dilestarikan untuk anak negeri dan paru-paru dunia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan