BP2DK Gelar ToT SIDEKA Tingkat Nasional

Badan Prakarsa, Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) menggelar kegiatan pelatihan Trainer of Trainer (ToT) tingkat Nasional Sistem Informasi Desa dan Kawasn (SIDEKA) di kawasan Desa Mandala Mekar, Kecamatan Jati Waras, Kabupaten Tasikmalaya selama sepuluh hari sejak Rabu (21/11).

Kegiatan yang didukung oleh Kementrian Komunikasi dan informasi (Kemkominfo), Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Pemerintah Daerah (Pemda) Tasikmalaya dan Kantor Staf Presiden (KSP) ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait implementasi SIDEKA di tingkat kabupaten.

Peserta pelatihan kali ini berasal dari 12 propinsi. Mereka akan dilatih oleh para fasilitator yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup mumpuni dalam implementasi SIDEKA.

Lokasi pelatihan dipusatkan di lingkungan desa Mandala Mekar yang masih asri. Ruang belajar yang terbuka,  dengan desain cakrug bambu beratapkan rumbia, terkesan santai dan memberi rasa nyaman dalam belajar dan berinteraksi, baik dengan sesama peserta maupun dengan fasilitator.

Saat sesi perkenalan, terungkap harapan peserta agar sekembalinya mereka ke daerah masing-masing dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat.

Selain itu, peserta diarahkan mampu memotivasi desa-desa se Kabupaten untuk dapat  menerapkan SIDEKA dalam memberikan pelayan administrasi yang prima dan memberikan berbagai informasi kegiatan pembangunan desa secara online, yakni melalui website desa yang telah difasilitasi oleh Kemkominfo secara gratis.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan