STAR FM Gelar Pelatihan Pengenalan SIDEKA

Radio Komunitas STAR FM 107,7 MHz, Minggu (19/10) menggelar pelatihan pengenalan SIDEKA dan jurnalis warga di Balai Peternakan Desa Lubuk Kasih, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat.

Pelatihan yang melibatkan 20 peserta perwakilan desa-desa se-Teluk Aru tersebut, diadakan atas kerjasama dengan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Sumut. Pelatihan tersebut dipandu oleh Muhammad Hidayat dari BP2DK dan Tohap Simamora mewakili JRKI Sumut.

Dalam paparannya, Hidayat menjelaskan bahwa jurnalis desa harus berpegang teguh pada tujuan pemberitaan, yakni untuk mencari solusi kebaikan Desa. Bukan mencari kesalahan tanpa mengajak warga desa memaparkan soslusinya. Intinya pemberitaan dibuat untuk mengajak masyarakat menyampaikan aspirasi dan gagasannya demi perbaikan desa.

Menurut Hidayat, pewarta (jurnalis) desa adalah warga desa yang memiliki tanggung jawab sosial untuk menuliskan dan menyebar-luaskan informasi demi kemajuan kehidupan Desa nya.

Ada 10 persyaratan pewarta desa tersebut, antara lain;

  1. Mengutamakan nilai kejujuran dan kebenaran
  2. Tunduk pada kepentingan warga Desa secara luas
  3. Disiplin dan taat verifikasi
  4. Independen terhadap sumber berita
  5. Memantau pembangunan dan kehidupan Desa
  6. Menjadikan media sebagai forum warga untuk urun rembug solusi desa
  7. Membuat hal penting menarik dan relevan terutama sejarah desa
  8. Komprehensif dan proporsional
  9. Mengikuti hati nurani
  10. Bertanggung jawab terhadap pemberitaan dalam
    meningkatkan kualitas kehidupan Desa

Dalam pelatihan ini disepakati rencana tindak lanjut praktek langsung di Desa masing-masing yang akan dimonitori dan didampingin oleh Hidayat langsung.

Sementara Tohap Simamora menyampaikan motivasinya agar peserta bersungguh-sungguh menekuni ilmu jurnalistik ini. Dikatakannya, media mainstream saat ini sangat membutuhkan para jurnalis yang profesional sehingga tidak tertutup para jurnalis desa bisa bergabung di media umum (mainstream).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan